Sederhana

Kata ini lebih sering diidentikkan dengan tampilan yang polos, murni, tanpa polesan. Sebagian lagi mengartikan: apa adanya. Padahal, tidak salah juga menyematkan kata ini untuk restoran berkelas dan punya banyak cabang.

Kadang, aku mendefinisikan diri dengan kata itu. Egois memang. Katanya, aku ini simpel, tanpa ba-bi-bu. Rupanya, ia hanyalah tabir yang menutupi segala kerumitan akson dan dendritnya sendiri.

Padahal, ia memang punya makna sederhana. Lapar butuh makan, haus butuh minum, bahagia maka tersenyumlah, jika sedih maka menangislah. Sederhana bukan? Kata yang menurutku hanya mampu dijelaskan oleh kata itu sendiri.

Begitu juga kehidupan ini. Sederhana saja. Hidup artinya kesempatan sebelum kembali pulang. Karenanya, patut kita syukuri benar-benar. Karena di fase ini, banyak keajaiban hadir di setiap ruas tulang dan nafas kita.

Bagaimana seonggok daging bisa bernyawa, bergerak meliuk dan tumbuh tanpa diperintahnya? Jika tunas bertumbuh saja adalah keajaiban, apatah lagi air yang hina bisa menjadi manusia yang penuh ambisi dan keinginan? Juga penuh kebaikan dan kemanfaatan.

Tanpa perlu mengenal tasawuf dan filsafat, siapapun akan mudah mengenali keajaiban ini. Namun, mengapa kepala ini seringkali sulit diajak kompromi, lebih senang mempersulit diri? Ironi sekali.

Ajaibnya, hanya dengan sebuah syukur dan penyesalan yang jujur, ia akan membawa empunya kepada derajat yang tak lagi sama. Bak dedaunan gugur menyambut musim dingin, bersiap menghadapi musim semi nya kembali. Lagi-lagi, sungguh ajaib.

Tabarakallah. Maha Kuasa Dia dengan segala Keajaiban-Nya yang tak pernah habis untuk disyukuri.

***

Ruang penantian terhadap Yusuf di antara 12 saudara keturunan Ya’kub. Begitu ibarat kata ulama. Semoga tak hanya rupawan, kita ‘kan berjumpa di akhir masa. Lalu engkau doakan kami, “tiada lagi dosa bagi kalian.. “. Sungguh indahnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s