Allah itu Maha Baik

Allah itu Maha Baik. Di balik segala ketentuannya, Allah telah menyiapkan segenap kebaikan di dalamnya. Pun, mengapa Allah perjalankan aku di suatu tempat ‘antah berantah’. Allah tengah mengabulkan sebagian doa dan menganugerahkan seluas kebaikan.

Karena keterbatasan diri, diperlukan segenap waktu untuk mencernanya. Tidak dalam satu dua tahun ke depan, barangkali hingga penghujung usia kelak. Mengapa begini dan begitu?

Kalau mengutip pesan saudari waktu itu, Amah Tika namanya, “Curigailah setiap takdir Allah, barangkali Allah tengah menempatkan diri kita karena suatu maksud.”

Keterbatasan diri pulalah yang membuat diri ini sering membual, beginilah, begitulah. Mengeluh tiada habisnya. Ah, dasar manusia! Jika diberi kemudahan ia kikir, jika bertemu kesulitan ia menggerutu. Persis sekali.

Oleh karenanya, aku pun tersipu malu, walau sebenarnya merasa tersudut, pada kekuatan afirmasi seorang hamba kepada Tuhan-nya. Membuat lidahku kelu seketika sekaligus bertanya-tanya, bagaimana rupa Imanku saat ini ya?

Bagaimana aku takut miskin, sedangkan aku adalah hamba dari Dzat yang Maha Kaya lagi Maha Baik?

Mengapa ia mampu memahami kehidupan sesederhana ini, sedang aku membuatnya rumit. Padahal, iman memang sederhana. Sesederhana pemahaman mbah-mbah di desa. Sesederhana pemahaman orang-orang Badui di sahara. Lalu, keinginan dan angan-angan kitalah yang membuatnya rumit tak beraturan.

Jika Allah adalah Tuhan yang Maha Baik, maka segala qadar-Nya adalah baik. Setiap tugas dan peran telah diiringi dengan kesanggupannya masing-masing. Jika bumi hanya tempat singgah untuk menanam bekal, mengapa aku tak sibuk menanam apa saja bibit yang aku punya?

Simpel bukan? Keinginan dan angan-angan ku saja yang membuatnya rumit selama ini.


Tiga belas hari, tak terasa engkau akan kembali bertandang. Semoga aku sempat mengantarmu pulang. Ruangan kecil, pengasingan iman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s