Dua Kalimat

Ketika diulas tentang pernikahan, maka terbentang olehku dua kalimat sakral yang harus dijaga betul-betul oleh seseorang. Ia bernama suami, dan kalimat itu adalah nikah dan juga talak, yang familiar di telinga kita sebagai cerai. Salah satu cara yang mengakibatkan perpisahaan ikatan suami istri. Di luar itu, ada kalimat khulu’, fasakh, ilaa’, li’an, kematian, hilang dan sebagainya yang tak saya maksud disini.

Mengapa sakral? Karena hanya dengan pengucapan salah satu kata itu, berubahlah status dua insan yang bukan mahram dengan segala ketentuan dan mengikat pada keduanya hak dan kewajiban. Meski cuma bergurau.

Utamanya, kalimat talak.

Nikah akan tetap sah meski sang wanita belum pernah melihatnya sekalipun. Namun, nikah tetap memerlukan persyaratan wali, mahar juga saksi agar ia sah.

Berbeda dengan talak, ia tak perlu saksi maupun hakim. Bahkan tanpa sepengetahuan sang istri pun, sekali talak diucap, jatuhlah ia. Dan suami, hanya memiliki tiga kesempatan mengeja kata itu, seumur hidupnya.

Tak terbayang, jikalau hak mengucap talak ada pada wanita. Entah, berapa banyak perceraian akan terjadi akan terjadi. Entah seberapa banyak keluarga yang rusak oleh salah satu kelemahan wanita: lisan. Ngeri. #duh #istighfar

Dan kisah-kisah soal talak ini secara lengkap terlukis dalam ayat demi ayat yang tersebar di beberapa tempat. Melalui penutur para mufassirin, dijabarkan asbab mengapa demikian dan bagaimana hukum yang tentukan, detil sekali.

Hanya lintasan, saat mengeja surah Baqarah dan Ath-Thalaq.

Allah, berkahi hidup kami dengan Al-Quran, berkahi bulan ini dengan keberkahan Al-Quran. Dan cukupkan usia kami bersama Al-Quran. Dan sampaikanlah aku pada ujian Al-Quran. #tambahandoa #menjelangMQAN 😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s