Menjaga (itu) menjauh

Kali ini, kembali diajarkan pada mata ajar yang sama: “bahwa, kadang menjaga itu dengan menjauh..”.

Di sebuah tempat baru, pertama kalinya menyandang status guru dan ternyata, rasanya cukup berat. Ditinjau dari sisi manapun. Tanggung jawabnya, waktunya yang ‘lumayan panjang’, serta diiringi dengan beragam keikhlasan yang rupanya (selalu) terjadi di hampir semua lembaga pendidikan di negeri ini. Lembaga pendidikan Islam khususnya. Ironi, ya.

Dari sinilah, (aku) kembali mempelajari banyak hal di luar bidang keahliannya, garapannya, passionnya, cita-citanya, dan sebagainya. Niatnya memang belajar. Meski akhirnya, kewalahan dengan jadwal yang harus bertubrukan sana dan sini, tanpa libur dan lainnya.

Awalnya, (aku) pikir dengan mengambil tawaran ini sebagai ‘langkah nyambi’ untuk menjaga. Menjaga ritme waktu yang belum disiplin, menjaga ingatan yang masih kacau balau dan menjaga generasi yang erat kebersamaannya dengan Quran.

Tapi, rupanya tidak. Justru kegaduhan malah buanyak menghampiri, apapun itu. Lagi-lagi, saya harus menunduk malu jika ingat petuah ustadz muda waktu itu.

..diam, duduk dan benahi muraja’ah. Niscaya semuanya akan Allah datangkan kepadamu..

Lagi dan lagi. Sebuah reminder untuk kesekian kali. Menjauhi kegaduhan adalah upaya penjagaan yang terbaik. Menjauh(i) kesibukan-kesibukan yang wara-wiri di kepala, agar bisa duduk tenang dan fokus. Agar bisa menghayati makna demi makna. Agar tak lagi merasa, betapa lelahnya waktu habis dalam kegaduhan tiada habisnya.

Kepada hati yang sering merasa berubah, maka menjauh(i) penyebab adalah solusinya. Kepada diri yang sering tergoda, maka menjauh(i) keramaian adalah mulia.

 

Lagi dan lagi. Untuk yang kesekian kali.

 

Bumi Ja(ya)karta

Hitungan malam ke-10 bulan kelahiran Baginda Rasul

Hitungan hari ke-19 dari hari kelahiran. 🙂

 

 

2 thoughts on “Menjaga (itu) menjauh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s