Jalan (yang) lurus

ihdinash shiraathal mustaqiim..

Hanya dengan kalimat, “you are on the right path, Us” kembali menyadarkanku untuk menganalisa perjalanan setidaknya untuk paruh tahun ini. Keputusan yang amat tepat meski dengan banyak konsekuensi yang cukup mengagetkan. Sebagai pelajaran, inilah kehidupan, Us. Terbentanglah banyak pelajaran dengan ritme statistik yang curam. Tak lagi landai sebagaimana beberapa waktu lalu.

Lalu, tersadarlah aku, di antara konsukensi itu, Allah sudah berikan satu garis yang amat lurus. Yang bilamana sejak dulu saya upayakan dan berfokus padanya, mungkin tak seriuh yang ada di kepala kini. Tapi, ah, tidak. Memang beginilah yang terjadi, qadarullahu haqqa qadarihi.

“..kegamangan akan terjadi jika seseorang mengalami disorientasi visi dan makna tujuan kehidupannya..”

Kira-kira begitulah makna yang saya tangkap dari petuah seorang nan besar karena pemikirannya yang amat besar, melampaui fisiknya.

Yang intinya, jalannya insya Allah tetap sama, hutan belantaranya pun tetap dilalui, tinggal satu hal saja yang harus darurat dibenahi. Ya, se-darurat asap di Pulau Sumatera dan Kalimantan yang darurat dipadamkan.

ihdinash shiraathal mustaqiim..

Cahaya kembali terlihat, pagi dan petangnya. Jalan kembali terbuka. Petunjuk arah kembali meyakinkan, arah cahaya terbit dan terbenam, lynchen yang mulai kelihatan, arus sungai yang mulai terdengar. Ternyata, selama ini saya berkacamata hitam!

ihdinash shiraathal mustaqiim..

Hutan belantara tak lagi se-seram sebelumnya. Benar kata ustadz muda waktu itu. Sambil memandangi syahadah tak seberapa, ia berkata padaku begini:

“..sedikit lagi. Coba difokuskan saja hal ini. Insya Allah, sembari duduk, semuanya akan ikut..”

Sesimpel itu. Ya, memang begitu.

ihdinash shiraathal mustaqiim..

Darurat, Us, jika targetanmu di awal Desember ingin tercapai. Bismillah.. Doa-doa sederhana pun terpanjatkan. “ihdinash shiraathal mustaqiim.. tunjukilah aku jalan (yang) lurus..”

Bumi Kalideres,
hitungan Muharram ke sepuluh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s